May 11, 2012

SERUAN DAN MADAH PUJIAN DALAM EKARISTI


KYRIE ELEISON

Kyrie Eleison (Tuhan Kasihanilah Kami) adalah seruan sebagai pujian kepada Allah yg Maha Rahim dan mohon belas kasihan Nya, sehingga Gereja menghimbau agar seruan ini dinyanyikan atau didaraskan oleh "SELURUH UMAT".

Seruan ini digunakan oleh Gereja sejak masa Gereja Perdana. Pada masa2 itu seruan ini merupakan doa yang cukup panjang, dimana seseorang (diakon) membacakan ayat2 dan umat menjawab dengan seruan "Kyrie Eleison". Seiring perputaran waktu, ayat2 tersebut mulai dihilangkan hingga akhirnya seruan itu menjadi seperti sekarang yang kita nyanyikan/daraskan pada setiap perayaan Ekaristi. Bentuknya bisa macam2, boleh berupa permintaan2 tertentu (semacam doa syafaat), boleh juga berupa doa pengakuan dosa yang serius dan permohonan agar Tuhan menerima penyesalan dan pertobatan umat Nya

MENGENAL LEBIH DALAM AJARAN GEREJA TENTANG BUNDA MARIA


PENGAJARAN DASAR

Maria adalah seorang gadis belia yang diperkirakan lahir di kota Sepphoris (sebelah utara Palestina), sebuah kota besar di mana bangsa Yahudi dan bangsa Romawi hidup berdampingan dengan damai. Sepphoris adalah ibu kota Galilea. Kota yang memiliki banyak rumah yang indah dan sebuah gedung teater yang besar, luluh lantak dilanda gempa bumi besar ketika Maria masih kanak-kanak. Bencana inilah yang menyebabkan keluarga Maria pindah beberapa mil jauhnya ke Nazareth yaitu sebuah dusun kecil.

“Nazareth” dalam bahasa Ibrani mempunyai dua arti yang berbeda. Nazareth bisa berarti bunga bakung yang merupakan simbol kehidupan, dan Nazareth dapat juga berarti “keturunan”. Di kota inilah Maria bertemu dengan Yusuf, seorang tukang kayu dan mereka pun bertunangan. Sebagai seorang Yahudi, Maria sangat mengharapkan kedatangan Mesias.

March 01, 2012

SEJARAH IBADAT JALAN SALIB

AWAL SEJARAH

sekitar abad 4 St.Helena (ibu Raja Konstantin), melakukan ziarahnya yg skrang ini dikenal dengan nama Via Dolorosa utk melihat dari dekat tempat Yesus lahir sampai dimakamkan. ziarah ini menjadi terkenal dan sangat mudah mencapai tempat2 itu terutama setelah tahun 1199 dimana pasukan Perang Salib (crusader) menguasai Yerusalem. Namun sejak thn 1291, utk menuju tempat ini menjadi begitu sulit dan mahal karena sudah tidak dikuasai lagi oleh para crusader. Maka lahirlah tradisi Ibadat Jalan Salib yg bertujuan menghadirkan Tanah Suci bagi mereka yg tidak dapat berziarah ke sana juga bagi mereka yg pernah berziarah ke sana, untuk tetap mengenangnya.

AWAL PUASA DALAM GEREJA KATOLIK

Awal Puasa (Prapaskah) dalam Gereja Katolik selalu jatuh pada hari Rabu. Ini disbabkan karena perhitungan Gereja Katolik yg menerapkan puasa selama 40 hari, tanpa memasukkan Hari Minggu. Oleh sebab itulah hari pertama puasa jatuh pada hari Rabu (Paskah pada Hari Minggu).

Namun ada perbedaan dalam Ritus Ambrosian (Milan), di mana awal puasa/pemberian abu dilakukan pada Hari Minggu (Setelah Hari Rabu Abu dalam Ritus Roma) karena puasa 40 hari dalam Ritus ini termasuk Hari Minggu di mana Hari Minggu dalam Ritus Ambrosian adalah Hari Bertobat/Penitensi (dalam Ritus Roma Hari Minggu dianggap sebagai peringatan Kebangkitan Yesus, makanya tidak dihitung dalam hari puasa/pantang)

MEMBERI PENGHORMATAN YG LAYAK KEPADA SAKRAMEN MAHA KUDUS

Roti & Anggur yang setelah melalui proses Transsubstansiasi menjadi Tubuh dan Darah Kristus, HARUSLAH DIPERLAKUKAN DENGAN SANGAT HORMAT, baik selama maupun setlah Perayaan Ekaristi (Mysterium Fidei, no. 56-61)

Gereja Katolik sudah mengatur sedemikian rupa bahkan dalam hal tata ruang, di mana ada aturan utk meletakkan Tabernakel

KHK, Kan. 938 - §2
"Tabernakel, tmpat menyimpan Ekaristi mahakudus, hendaknya terletak pd suatu bagian gereja atau RUANG IBADAT YG UTAMA, TAMPAK, DIHIAS PANTAS, LAYAK UNTUK DOA”

(Pengertian tampak di sini, posisi Tabernakel harus bisa terlihat oleh umat yg hadir.)

ATAS DASAR MAU BUKAN KARENA MAMPU

beberapakali memberikan pembekalan ttg musik liturgi di paroki2, ternyata masih banyak sekali lagu lama yg cukup memprihatinkan dan cenderung mengerikan...fenomena yg sejak jaman "rikiplik" sudah jadi tradisi dlm pelayanan Gereja Katolik, "Menempati jabatan kepengurusan Gereja atas dasar kemauan yg tulus bukan karena kemampuan"...sim salabim abrakadabra, hasilnya seharusnya memberi pembekalan untuk mematangkan pemahaman, pada akhirnya memberi pelajaran2 dasar yg sharusnya mutlak dimengerti dan dipahami oleh para petugas pelayaan gereja (dalam hal ini petugas musik)

February 29, 2012

ADORASI SAKRAMEN MAHA KUDUS

Adorasi SMK adalah tindakan penyembahan Tuhan yg hadir dlm rupa Ekaristi yang telah dikonseklir, dimana hosti telah diubah menjd Tubuh Kristus & anggur mnjd Darah Yesus.

Berdasarkan sejarahnya, Adorasi tanpa henti dilakukan pada abad 6 di katedral Lugo, Spanyol. Lalu Pada abad ke-12, St. Thomas Becket berdoa bagi Raja Henry II di hadapan SMK samapai akhirnya di abad ke-16 mulailah dikenal devosi 40 jam di hadapan Sakramen Maha Kudus. Pada ke-19 di Perancis, adorasi tanpa henti dilakukan di dalam komunitas para biarawati kontemplatif, sampai akhirnya devosi ini tersebar ke seluruh dunia hingga kini.

urutan upacara dalam Adorasi SMK secara garis besar diawali dengan Imam atau diakon memindahkan hosti yg tlah dikonseklir ke dlm mostrans dan mentahtakannya di atas altar. Saat Tubuh Kristus diletakkan di dalam mostrans itulah dikatakan sebagai PENTAHTAAN SAKRAMEN MAHA KUDUS.

MISA

Kita begitu familiar dengan kata Misa...misa yang selalu diidentikkan dengan Ekaristi yang pada akhirnya begitu banyak orang menyangka bahwa Misa adalah Ekaristi, karena memang dalam percakapan sehari-hari, kata misa memang selalu dipahami sebagai Perayaan Ekaristi.

TIKUS MENYAMBUT KOMUNI

Surga dan Bumi dipersatukan lewat komuni di mana Tubuh Kristus menjadi milik pribadi, dan untuk mencapai penyatuan ini (merasakan dan mengalami) kita perlu mengikuti ekaristi sejak awal sampai akhir, karena ekaristi merupakan rangkaian mata rantai yg tidak bisa diputus....

ada kutipan crita menarik di buku "Cerco il tuo Volto" karya Guitmondo Aversa, di sebuah gereja kecil di daerah terpencil, tabernakelnya terbuat dari kayu dan sudah lapuk, pada suatu ketika seekor tikus yg lapar berhasil masuk ke dalam tabernakel dgn mengerat kayu yg lapuk...di dalam tabernakel tersimpan sakramen Maha Kudus (hosti yg sdh dikonseklir)...tikus yg lapar itu memakan hosti di dalam tebernakel tersebut...

muncul pertanyaan lucu yg sebenarnya menjadi bahan perenungan kita semua "APAKAH TIKUS ITU SUDAH MENYAMBUT KOMUNI..???"

MEMILIH LAGU DALAM EKARIST

Sebelum kita memilih lagu, baiknya kita mengerti tentang batasan2 yg ada dalam Mussica Sacra (MS) yaitu dok KV II Sacrosantum Concilium yg secara khusus mengatur soal Musik dalam Liturgi.

Seperti disebut dalam PUMR, ada kelompok lagu yg sama sekali tidak boleh dirubah syairnya (sesuai dgn teks asli) yaitu Madah Kemuliaan (Gloria), Syahadat (Credo), Bapa Kami (Pater Noster) dan Anak Domba Allah (Agnus Dei) yang masuk dalam kelompok lagu Ordinarium (ditambah Kyrie dan Santus+Benedictus), dan ada Kelompok Lagu yg teksnya dapat dirubah sesuai dengan thema perayaan pada hari itu.

Pemahaman mengenai Musik Liturgi sangat penting untuk menjaga Tradisi Suci dalam Gereja Katolik. Ada hal2 pokok yg perlu dipahami dalam hal ini yaitu :

1. Musik Liturgi adalah musik yg memang digubah untuk perayaan Liturgi
2. memiliki bobot kekudusan
3. masuk dalam kategori musik Gregorian, polifoni suci, musik liturgi untuk organ atau alat musik lain yang sah

February 04, 2012

ST. TARSISIUS MARTIR CILIK PELINDUNG PUTERA ALTAR

Sekitar tahun 250, agama kristen adalah agama yang terlarang di Roma. Kaisar Valerianus memerintah untuk mencari dan menangkap para pengikut Kristiani untuk disiksa dan dibunuh. Larangan ini muncul akibat penolakan para pengikut Kristus untuk melakukan penyembahan kepada Dewa Dewi Roma.

Pada masa itu, Kekristenan mengalami penindasan oleh para pagan. Banyak dari para Kristen yang dibunuh, ada yang diracun, maupun diumpankan kepada singa di Colloseum. Untuk menghindari para pagan, kaum Kristiani membuat jalur-jalur dan ruang-ruang bawah tanah, yang disebut Catacomba. Di tempat ini mereka mengadakan Misa Kudus, di mana setiap Kristiani menerima Komuni Suci dan juga menerima petunjuk dari uskup dan imamnya. Pada saat itu, para tawanan Kristen merindukan menerima Komuni Suci, sehingga mereka menyampaikan pesan kepada uskupnya agar mereka dapat menerimanya. Setelah usukupnya mendengar, lalu dipikirkan siapa yang akan membawanya

Para uskup dan imam jelas tidak bisa, karena resikonya mereka dapat ditangkap dan dipenjarakan; juga banyak dari orang-orang Kristen yang ada.

January 15, 2012

TSHIRT ST. MICHAEL



Nama Design : St. MICHAEL
Warna Kaos : Off White ; Merah Marun
Bahan : Cotton Combed
Ukuran : M, L, XL
Harga Rp. 60.000


Teknis pembelian dapat dilihat di :
http://gudangnyatshirt.blogspot.com/

January 13, 2012

TAHUN EKARISTI 2012

MAKNA DAN MARTABAT
PUMR menegaskan bahwa Ekaristi adalah tindakan Kristus sendiri bersama segenap umat Allah. Baik bagi Gereja Universal dan Gereja Partikular, maupun bagi setiap orang beriman, Ekaristi merupakan pusat seluruh kehidupan Kristen. Ekaristi merupakan puncak karya Allah untuk menguduskan dunia, dan sekaligus puncak karya manusia untuk memuliakan Allah Tritunggal. Dlm Ekaristi, misteri penebusan Kristus dihadirkan untuk kepentingan seluruh umat beriman.

PREFASI

Prefasi merupakan salah satu bag dlm Ekaristi yg merupakan doa presidentil (hanya untuk imam) untuk mengakhiri persiapan perjamuan kudus. bgian ini diucapkan/dinyanyikan secara lantang dan meriah oleh imam atau selebran di hadapan umat.


Jika ditinjau dari segi asal muasalnya, ada beberapa anggapan mengenai penggunaan istilah prefasi yaitu :



TRADISI KANDANG NATAL

Tahun 1223, St. Fransiskus Asisi mengunjungi kota Grecio Italia untuk merayakan Natal. karena kapel pertapaan Fransiskan akan terlalu kecil untuk menampung umat yang akan hadir pada Misa Natal tengah malam, maka, ia mendapatkan sebuah gua di bukit karang dekat alun-alun kota dan mendirikan altar di sana.

Utk membangkitkan gairah penduduk Grecio dalam mengenangkan kelahiran Bayi Yesus dgn devosi yang mendalam, St. Fransiskus memutuskan untuk merayakan Natal dengan sekhidmat mungkin dgn sedikit penggambaran suasana kelahiran Yesus, tentunya atas ijin Uskup sepetmpat. Maka dipersiapkanlah sebuah palungan, jerami, dan seekor lembu jantan serta keledai ke dlm gua tersebut.

SEJARAH TRADISI MASA ADVEN

Tradisi Masa Adven bermula di Prancis, yg merupakan masa persiapan menyambut Hari Raya Epifani, hari di mana para calon dibaptis menjadi warga Gereja. Pada awalnya tradisi adven sebenarnya tidak berasal dari Gereja Katolik Roma, tetapi merupakan tradisi Gereja Timur untuk mempersiapkan Epifani, yang jatuh pada tanggal 6 Januari. Pada peristiwa tersebut kanak-kanak YESUS dikunjungi oleh orang majus dari timur. Bagi Gereja Timur itulah Natal.

Pada tahun 380-381, Konsili lokal Saragossa, Spanyol menetapkan tiga minggu masa puasa sebelum Epifani. Diilhami oleh peraturan Prapaskah, Konsili lokal Macon, Perancis, pada tahun 581 menetapkan bahwa mulai tanggal 11 November (pesta St. Martinus dari Tours) hingga Hari Natal, umat beriman berpuasa pada hari Senin, Rabu dan Jumat. Lama-kelamaan, praktek serupa menyebar ke Inggris.

January 12, 2012

Pescatorio

Pescatorio (Italia), adalah nama cincin yg merupakan bagian resmi dari perlengkapan yang digunakan oleh Paus. Cincin ini memiliki ukiran/basso rilievo dgn gambar Santo Petrus sedang menjala ikan dari sebuah kapal...ini adalah simbolisasi dari tradisi para rasul sbg "penjala manusia" (Mrk 1:17).

Cincin Nelayan ini adalah sebuah signet (cincin untuk stempel di gumpalan lilin) yang digunakan dari tahun 1842 untuk menaruh cap pada dokumen resmi yang ditanda-tangani oleh Sri Paus.

Sebuah cincin baru dicetak dari emas untuk tiap paus. Di sekeliling gambar ukirannya terdapat nama Latin Sri Paus yang berkuasa yang dicetak dalam huruf-huruf timbul. 

Selama upacara Penobatan Sri Paus atau Pentahbisan Sri Paus, kepala Dewan Kardinal menyelipkan cincin tersebut ke jari manis tangan kanan paus yang baru dan saat Paus meninggal dunia, cincin tersebut dihancurkan dlm sebuah upacara di hadapan para kardinal lainnya untuk menghindari keluarnya dokumen palsu dengan tanggal sebelum wafatnya Sri Paus selama masa jeda kekuasaan atau sede vacante.

Mystici Corporis Christi

Mystici Corporis Christi (29 Juni 1943) adalah sebuah ensiklik kepausan yang dikeluarkan oleh Paus Pius XII selama masa Perang Dunia II, mengenai Gereja sebagai Tubuh Mistis Kristus.


Dokumen ini merupakan sala satu ensiklik penting dari Paus Pius XII oleh karena temanya, Sang Gereja, dan oleh karena konsep Gerejanya yang secara penuh dimasukkan di dalam Lumen Gentium yang secara lantang diperdebatkan selama dan sesudah Konsili Vatikan II.


Gereja disebut 'tubuh' karena ia adalah benda hidup; ia dijuluki tubuh Kristus karena Kristus adalah pendiri dan kepalanya; ia dijuluki tubuh mistis karena ia bukanlah suatu sosok fisik yang murni maupun suatu kesatuan spiritual yang murni, namun adalah dari berbagai sosok yang berbeda2 (super national).

Gereja Katolik dan Perkembangannya

sekaligus menjawab pertanyaan2 soal sejarah Gereja Katolik, kali ini kita bahas sejarah singkat Gereja Katolik dan Perkembangannya....

Awalnya, jemaat Kristen berada di bawah kepemimpinan besar lima daerah, yaitu Yerusalem, Antiokia, Aleksandria, Konstantinopel, dan Roma. Uskup Roma dikenal oleh 5 daerah sebagai "yang pertama", permasalahan dengan doktrin dan prosedur banyak mengambil Roma sebagai masukan pendapat. Kursi Roma merupakan kursi dari suksesor Santo Petrus yang mendapat julukan "Pangeran Para Rasul" sebagai tanda persatuan Gereja

RITUS AMBROSIAN / RITUS MILAN

Ritus Ambrosian, juga disebut Ritus Milan, adalah sebuah Ritus Barat Liturgi Katolik, yang diambil dari nama Santo Ambrosius (Uskup Milan di abad keempat). 

Ritus Ambrosian, yang berbeda dengan Ritus Romawi, dilakukan oleh sekitar lima juta umat Katolik di kawasan Keuskupan Agung Milan, Italia (kecuali kawasan Monza, Treviglio, Trezzo sull'Adda dan beberapa paroki lainnya), di beberapa paroki di Keuskupan Como, Keuskupan Bergamo, Keuskupan Novara, Keuskupan Lodi dan di sekitar lima puluh paroki di Keuskupan Lugano, di Kanton (kabupaten) Ticino, Swiss.

Walaupun di beberapa waktu dalam sejarah Ritus Ambrosian yang unik ini terkena resiko penindasan, ritus ini berhasil untuk tetap ada, dan berubah, setelah Konsili Vatikan Kedua sebagian karena Paus Paulus VI bersimpati pada ritus ini (beliau sempat menjadi Uskup Agung Milan).

GEREJA PARTIKULAR

Gereja partikular, dalam teologi dan hukum kanonik Katolik, adalah semua komunitas gerejawi yang beranggotakan orang-orang dalam persekutuan penuh dengan Roma dan merupakan bagian dari Gereja Katolik secara keseluruhan. 

Gereja partikular dapat berupa Gereja-Gereja lokal yang tercantum dalam kan 368 ("Gereja-Gereja partikular, yang di dalamnya dan darinya hadir Gereja Katolik yang esa, terutama adalah keuskupan-keuskupan. Kecuali jelas bukan demikian, yang disebutkan berikut ini adalah setara dengan sebuah keuskupan: prelatur teritorial, keabbasan teritorial, vikariat apostolik, prefektur apostolik, dan administrasi apostolik yang didirikan secara permanen")

SEKILAS TENTANG TAREKAT/ORDO DALAM GEREJA KATOLIK


Tarekat atau ordo adalah satu kongregrasi dalam Gereja Katolik Roma dimana para anggotanya dari rohaniwan/i, yg terdiri dari biarawan/i di mana mereka mengikat diri dalam kaul (baik sementara maupaun kekal). Selibat dan ketaatan adalah yg paling utama, ketaatan baik terhadap atasan mereka (General Overste), maupun kepada Uskup dan Paus sebagai otoritas GK. Anggota ordo hidup dlm komunitas sosial sesuai dengan tata cara konstitusi dari masing2 kongregasi, atas persetujuan Magisterium Gereja Katolik.
Selain hal tersebut di atas, ada juga institusi sekuler (kaum awam) yang memiliki kongregasi terpisah. (kita pasti pernah mendengar Karmelit Awam...itu salah satu contohnya)

Dasar aturan Hukum Gereja utk semua konggregasi religius tercantum dalam Kan. 573-709 KHK (Iuris Codex Canonici)