January 12, 2012

RITUS AMBROSIAN / RITUS MILAN

Ritus Ambrosian, juga disebut Ritus Milan, adalah sebuah Ritus Barat Liturgi Katolik, yang diambil dari nama Santo Ambrosius (Uskup Milan di abad keempat). 

Ritus Ambrosian, yang berbeda dengan Ritus Romawi, dilakukan oleh sekitar lima juta umat Katolik di kawasan Keuskupan Agung Milan, Italia (kecuali kawasan Monza, Treviglio, Trezzo sull'Adda dan beberapa paroki lainnya), di beberapa paroki di Keuskupan Como, Keuskupan Bergamo, Keuskupan Novara, Keuskupan Lodi dan di sekitar lima puluh paroki di Keuskupan Lugano, di Kanton (kabupaten) Ticino, Swiss.

Walaupun di beberapa waktu dalam sejarah Ritus Ambrosian yang unik ini terkena resiko penindasan, ritus ini berhasil untuk tetap ada, dan berubah, setelah Konsili Vatikan Kedua sebagian karena Paus Paulus VI bersimpati pada ritus ini (beliau sempat menjadi Uskup Agung Milan).

Di abad ke-20, ritus ini menjadi hal yang menonjol dan bergengsi dari semua perhatian dari dua Uskup Agung Milan yang juga ahli di bidangnya masing2: Achille Ratti, yang kemudian menjadi Paus Pius XI, dan Ildefonso Schuster yang terberkati, dimana keduanya terlibat dalam penelitian dan publikasi tentang ritus ini sebelum menduduki jabatan mereka tersebut.

Ritus Ambrosian/Milan sampai saat ini masih digunakan di beberapa paroki di Keuskupan Agung Milano di Italia

Semoga bermanfaat
***Christo et Ecclesiae***

No comments:

Post a Comment