September 12, 2011

MAKNA MENCAMPUR AIR DENGAN ANGGUR

Mencampur air ke dlm anggur adalah kebiasaan sejak jaman dahulu yg dilakukan orang2 dgn tujuan agar anggur tidak terlalu pekat/keras. Anggur digunakan dalam pesta dan perjamuan2. Demikian juga saat Yesus mengadakan Perjamuan dengan para murid-Nya saat sebelum wafat di kayu salib. Perjamuan Yesus inilah yg menjadi Tradisi Suci dlm Gereja Katolik dlm Ekaristi, termasuk menghdirkan anggur di dlm nya.

Dalam perayaan Ekaristi, ada saat di mana imam menuangkan anggur ke dalam piala kemudian menuangkan sedikit air ke dalam piala tersebut. Seperti kita ketahui bahwa Ekaristi sarat dengan MAKNA dan SIMBOL, begitu pula dgn pencampuran air dan anggur ini. Ada makna tersirat dalamnya.

September 11, 2011

SAKRAMEN DAN SAKRAMENTALI

Dalam Gereja Katolik kita mengenal istilah Sakramen dan Sakramentali. Ada perbedaan diantara keduanya dan Gereja tidak menganjurkan kita untuk mencampuradukkan antara keduanya atau menjadikan Sakramen sebagai Sakramentali maupun sebaliknya

SAKRAMEN
adalah tanda yang mendatangkan rahmat Allah dan memberikan kehidupan ilahi kepada kita, yang telah ditetapkan Kristus dan dipercayakan kepada Gereja-Nya. Gereja mengajarkan bahwa Sakramen adalah karya penyelamatan Yesus Kristus untuk membantu anggota Gereja dalam perjalanan iman mereka menuju kehidupan kekal. 


SAKRAMENTALI
adalah sarana untuk mengingat kehadiran Allah dalam kehidupan manusia. Contohnya adalah Ikon2 Kudus dalam Gereja Katolik. Sakramentali sebagai pengingat krn kita sering lupa bahwa kita sudah memiliki dan dimiliki oleh Kristus...manusia bisa lupa tetapi Kristus tidak

MEDALI St. BENEDICTUS


Cukup banyak orang Katolik memakai medali ini yg begitu sarat dgn makna dan simbol...sekedar berbagi, kita lihat arti simbol2 yg ada dlm medali ini...


Medali ini dipercaya sebagai medali pengusir setan...Pada bag blakang medali inilah (gambar di bawah) terdapat Simbol2.

September 10, 2011

TUJUAN DAN MAKNA RITUS SERTA BAGIANNYA DALAM EKARISTI


RITUS PEMBUKA
Tujuannya untuk mempersatukan umat yg berkumpul dan mempersiapkan umat untuk mendengarkan sabda Allah serta dapat merayakan Ekaristi dengan layak. Bagian dari Ritus ini :

Perarakan masuk
tujuannya untuk membuka misa, membina kesatuan umat, mengantar masuk misteri iman sesuai dengan masa liturgi, mengiringi perarakan imam beserta pembantunya

Pendupaan & Penghormatan Altar :
Setelah sampai di altar, Imam mencium altar sebagai penghormatan mewakili umat..Pada masa2 tertentu dilakukan Pendupaan yg tujuannya untuk penghormatan kepada Sakramen Mahakudus, reliqui salib/patung Tuhan, bahan
persembahan, Kitab Injil, lilin paskah, imam dan jemaat.

Tanda Salib
perayaan ekaristi dimulai dengan membuat tanda salib yg dipimpin Imam. Umat membuat tanda salib dan menjawab “Amin”...Tanda Salib menyatakan 2 pengakuan iman yaitu

  • Tanda Keselamatan kita, yakni Salib Kristus, Kekuatan dan kemegahan orang Kristen terletak pada “salib Tuhan kita Yesus Kristus” (Gal 6:14);
  • Mengenang pembaptisan kita, dengan menyebut Allah Tritunggal. Oleh karena itu setiap kita membuat tanda salib sebenarnya menghubungkan kita dengan Sakramen Baptis


Salam
Imam menyampaikan salam dengan mengatakan “Tuhan sertamu” dan umat menjawab “ Dan sertamu juga”. Salam ini adalah pernyataan bahwa Tuhan hadir di tengah2 umat yang hadir.

Pengantar
Imam memberi pengantar dgn tujuan mengarahkan umat kepada inti bacaan, liturgi yang akan dirayakan saat itu.

Tobat 
umat menyampaikan penyesalan dan pertobatan atas dosa dan kesalahan pada Tuhan dan sesama. Ada beberapa rumusan pernyataan tobat, salah satunya “Saya mengaku kapada Allah yang Maha Kuasa…” dan kemudian imam memberikan ABSOLUSI / PENGAMPUNAN dengan menjawab “Semoga Allah yang Mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan menghantar kita ke hidup yang kekal”. Satu hal yg perlu diingat, Absolusi/Pengampunan ini TIDAK MEMILIKI KUASA YG SAMA dengan absolusi pada Sakramen Tobat.

Tuhan Kasihanilah (kyrie)
seruan/litani untuk mohon belas kasih Tuhan ini merupakan seruan yang diteladankan oleh dua orang buta yang disembuhkan Yesus (Mat 9:27).

Kemuliaan (Gloria)
madah yg dilakukan untuk memuji dan memuliakan Tri Tunggal yaitu Allah Bapa, Yesus Kristus dan Roh Kudus.

Doa Pembukaan
pada bagian ini imam akan mengawali dgn wkt hening agar kita menyadari kehadiran Tuhan, mengungkapan permohonan kita dalam hati, untuk kemudian Imam menggabungkan seluruh doa dengan ujud doa pada misa tersebut.

SACRARIUM


Sacrarium atau yg biasa disebut Sumur Suci adalah bak cuci (seperti wastafel/sink) yg dibangun di Gereja (biasanya di dalam sakristi). yang membedakannya dengan bak cucian/sink pada umumnya adalah saluran pembuangan. Pada Sacrarium, saluran pembuangan "LANGSUNG KE TANAH" jadi bukan ke selokan/got seperti sink pada umumnya

Sacrarium digunakan untuk menetralisir Sakramen Maha Kudus yg sudah ternoda oleh kotoran atau karena alasan tertentu harus dimusnahkan/dibuang (entah karena tercecer, terjatuh, dll)...Hosti yg sudah di konseklir sudah menjadi Tubuh dan DarahNya, sehingga jika karena suatu hal harus membuangnya, maka Imam melakukannya di bak yg dinamakan Sacrarium ini.