September 11, 2011

MEDALI St. BENEDICTUS


Cukup banyak orang Katolik memakai medali ini yg begitu sarat dgn makna dan simbol...sekedar berbagi, kita lihat arti simbol2 yg ada dlm medali ini...


Medali ini dipercaya sebagai medali pengusir setan...Pada bag blakang medali inilah (gambar di bawah) terdapat Simbol2.



Tulisan PAX (bagian atas) artinya Kedamaian


V R S N S M V - S M Q L I V B (bag lingkaran) singkatan dari :
Vade Retro Satana! Nunquam Suade Mihi Vana! Sunt Mala Quae Libas. Ipse Venena Bibas!
Terjemahan bebasnya :
"Pergilah setan! Jangan menggoda aku dgn kesombonganmu! Apa yang kau tawarkan padaku adalah kejahatan. Minumlah bisamu sendiri!"


C S P B (pada 4 bagian yg paling dominan) singkatan dari
Crux Sacra Patris Benedicti 
Terjemahan bebasnya :
Salib Suci Bapa Benediktus...


Huruf C S S M L (bag salib tegak) - N D S M D (bagian datar salib) singkatan dari
Crux Sacra Sit Mihi Lux - Non Draco Sit Mihi Dux
Terjemahan bebasnya : 
Semoga salib suci ini menjadi penerangku, Jangan sampai iblis menguasaiku...


Christo et Ecclesiae



4 comments:

  1. KENAPA MENGAMBIL NAMA ST. BENEDICTUS ? ADA CERITA YG MELATARBELAKANGI ?

    MAKASIH..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya....

      Ia berasal dari keluarga Italia yang kaya. Hidupnya penuh dengan petualangan dan perbuatan-perbuatan hebat. Semasa kanak-kanak, ia dikirim ke Roma untuk belajar di sekolah rakyat. Tumbuh dewasa sebagai seorang pemuda, Benediktus merasa muak dengan gaya hidup korupsi para kafir di Roma. Benediktus meninggalkan kota Roma dan mencari suatu tempat terasing di mana ia dapat menyendiri bersama Tuhan. Ia menemukan tempat yang tepat, yaitu sebuah gua di gunung Subiako.

      Benediktus mengasingkan diri selama tiga tahun lamanya. Setan sering kali membujuknya untuk kembali ke rumahnya yang mewah dan kehidupannya yang nyaman di sana. Tetapi, Benediktus berhasil mengatasi godaan-godaan tersebut dengan doa dan mati raga. Suatu hari, iblis terus-menerus menggodanya dengan bayangan seorang wanita cantik yang pernah dijumpainya di Roma. Iblis berusaha membujuknya untuk kembali ke kota mencari wanita itu. Hampir saja Benediktus jatuh dalam pencobaan. Kemudian ia merasa sangat menyesal hingga menghempaskan dirinya dalam semak-semak dengan duri-duri yang panjang serta tajam. Ia berguling-guling di atas semak duri hingga seluruh tubuhnya penuh dengan goresan-goresan luka. Sejak saat itu, hidupnya mulai tenang. Ia tidak pernah merasakan godaan yang dahsyat seperti itu lagi.
      Setelah tiga tahun, orang-orang mulai datang kepada Benediktus. Mereka ingin belajar bagaimana menjadi kudus. Ia menjadi pemimpin dari sejumlah pria yang mohon bantuannya. Tetapi, ketika Benediktus meminta mereka untuk melakukan mati raga, mereka menjadi marah. Bahkan para pria itu berusaha meracuninya. Benediktus membuat Tanda Salib di atas anggur beracun itu dan gelas anggur tiba-tiba pecah berkeping-keping.

      dan banyak lagi catatan orang kudus ini mengusir roh jahat dan membebaskan mereka yg kerasukan...

      Delete
  2. Dimana ya saya bisa membeli MEDALI St. BENEDICTUS ini, mohon bantuannya?

    ReplyDelete
  3. Dimana kita dapat membeli MEDALI St.BENEDICTUS?

    ReplyDelete