March 07, 2011

MENGENAL PERALATAN MISA

Setiap kali kita ke gereja dan mengikuti misa, ada pemandangan rutin yang selalu kita lihat, yaitu aktivitas Imam di altar yang dibantu oleh para misdinar. Dalam melakuakan aktivitasnnya selama memimpin Ekaristi, begitu banyak peralatan dan perlengkapan yang dilibatkan (perlatan dan perlengkapan misa).

Bagi kita yang pernah atau masih menjadi misdinar, peralatan misa ini tentunya sudah begitu akrab dan paling tidak kita tahu nama-namanya. Namun tidak sedikit juga diantara kita yang tidak tahu bahkan masih bingung dengan nama serta keguanaan dari peralatan tersebut. Untuk itu dalam posting kali ini, saatnya kita berbagi soal peralatan misa satu persatu sekalian dengan gambar agar lebih jelas.

PERALATAN MISA


PIALA (calix = cawan)
Piala adalah cawan yang menjadi tempat anggur untuk dikonsekrasikan, dimana sesudah konsekrasi menjadi tempat untuk Darah Mahasuci Kristus. Melihat fungsinya, maka Piala harus dibuat dari logam mulia. Piala melambangkan cawan yang dipergunakan Tuhan kita pada Perjamuan Malam Terakhir di mana Ia untuk pertama kalinya mempersembahkan Darah-Nya.

Piala melambangkan cawan Sengsara Kristus (“Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku,” Mrk 14:36); dan yang terakhir, piala melambangkan Hati Yesus, dari mana mengalirlah Darah-Nya demi penebusan kita.

PURIFIKATORIUM
berasal dari bahasa Latin “purificatorium”, yaitu sehelai kain lenan berwarna putih berbentuk segi empat untuk membersihkan piala, sibori dan patena. Sesudah dipergunakan, purifikatorium dilipat tiga memanjang lalu diletakkan di atas piala.


PATENA
berasal dari bahasa Latin yang artinya “piring”. Patena, yang sekarang berbentuk bundar,datar, dan dirancang untuk roti pemimpin Perayaan Ekaristi, aslinya sungguh sebuah piring. Dengan munculnya roti-roti kecil yang dibuat khusus untuk umat yang biasanya disimpan dalam sibori, fungsi dari patena sebagai piring menghilang. Maka bentuknya menjadi lebih kecil (Sejak abad 11). Menurut PUMR 2000, "untuk konsekrasi hosti, sebaiknya digunakan patena yang besar, di mana ditampung hosti, baik untuk imamdan diakon, maupun untuk para pelayan dan umat (No. 331).

Patena, hendaknya dibuat serasi dengan pialanya, dari bahan yang sama dengan piala, yaitu dari emas atau setidak-tidaknya disepuh emas. Patena diletakkan di atas purifikatorium.


PALLA
berasal dari bahasa Latin palla corporalis yang berarti kain untukTubuh Tuhan, adalah kain lenan putih yang keras dan kaku seperti papan, berbentuk bujursangkar, dipergunakan untuk menutup piala.

Palla melambangkan batu makam yang digulingkan para prajurit Romawi untuk menutup pintu masuk ke makam Yesus. Palla diletakkan di atas Patena.


CORPORALE
Sehelai kain lenan putih berbentuk bujur sangkar dengan gambar salib kecil di tengahnya. Seringkali pinggiran korporale dihiasi dengan renda. 

Dalam perayaan Ekaristi, imam membentangkan korporale di atas altar sebagai alas untuk bejana-bejana suci roti dan anggur. Setelah selesai dipergunakan,korporale dilipat menjadi tiga memanjang, lalu dilipat menjadi tiga lagi dari samping dan ditempatkan di atas Palla.

Urutan aturan menyusun peralatan-peralatan tersebut di atas adalah sebagai berikut :

Piala
Purifikatorium+sendok kecil
Patena (dengan hosti besar diatasnya)
Pala
Corporal



SIBORI
berasal dari bahasa Latin “cyborium” yang berarti “piala dari logam”,adalah bejana serupa piala, tetapi dengan tutup di atasnya. Siboriadalah wadah untuk roti-roti kecil yang akan dibagikan dalam Komunikepada umat beriman. Sibori dibuat dari logam mulia, bagian dalamnyabiasa dibuat dari emas atau disepuh emas.


PIKSIS
berasal dari bahasa Latin “pyx” yang berarti “kotak”, adalah sebuahwadah kecil berbentuk bundar dengan engsel penutup, serupa wadah jamkuno. Piksis biasanya dibuat dari emas. Piksis dipergunakan untukmenyimpan Sakramen Mahakudus, yang akan dihantarkan kepada mereka yangsakit, atau yang akan ditahtakan dalam kebaktian kepada Sakramen Mahakudus.



MONSTRANS
berasal dari bahasa Latin “monstrans, monstrare” yang berarti“mempertontonkan”, adalah bejana suci tempat Sakramen Mahakudusditahtakan atau dibawa dalam prosesi.


AMPUL
adalah dua bejana yang dibuat dari kaca atau logam, bentuknya seperti buyung kecil dengan tutup di atasnya. Ampul adalah bejana-bejana darimana imam atau diakon menuangkan air dan anggur ke dalam piala. Selaluada dua ampul di atas meja kredens dalam setiap Misa.


LAVABO
berasal dari bahasa Latin “lavare” yang berarti “membasuh”, adalah bejana berbentuk seperti buyung kecil, atau dapat juga berupa mangkuk,tempat menampung air bersih yang dipergunakan imam untuk membasuh tangan sesudah persiapan persembahan. Sebuah lap biasanya menyertai lavabo untuk dipergunakan mengeringkan tangan imam.


TURIBULUM
(disebut juga Pedupaan/wiruk), berasal dari bahasa Latin “thuris” yang berarti “dupa”, adalah bejana di mana dupa dibakar untuk pendupaan liturgis. Turibulum terdiri dari suatu badan dari logam dengan tutupterpisah yang menudungi suatu wadah untuk arang dan dupa; turibulumdibawa dan diayun-ayunkan dengan tiga rantai yang dipasang padabadannya, sementara rantai keempat digunakan untuk menggerak-gerakkantutupnya. Pada turibulum dipasang bara api, lalu di atasnya ditaburkanserbuk dupa sehingga asap dupa membubung dan menyebarkan bau harum.Dupa adalah harum-haruman yang dibakar pada kesempatan-kesempatanistimewa, seperti pada Misa yang meriah dan Pujian kepada Sakramen Mahakudus.


NAVIKULA
(disebut juga Wadah Dupa) adalah bejana tempat menyimpan serbuk dupa. Dupa adalah getah yang harum dan rempah-rempah yang diambil daritanam-tanaman, biasanya dibakar dengan campuran tambahan gunamenjadikan asapnya lebih tebal dan aromanya lebih harum. Asap dupa yangdibakar naik ke atas melambangkan naiknya doa-doa umat beriman kepadaTuhan. Ada pada kita catatan mengenai penggunaan dupa bahkan sejak awalkisah Perjanjian Lama. Secara simbolis dupa melambangkan semangat umatKristiani yang berkobar-kobar, harum mewangi keutamaan-keutamaan dannaiknya doa-doa dan perbuatan-perbuatan baik kepada Tuhan.


ASPERGILUM
berasal dari bahasa Latin “aspergere” yang berarti “mereciki”, adalahsebatang tongkat pendek, di ujungnya terdapat sebuah bola logam yangberlubang-lubang, dipergunakan untuk merecikkan air suci pada orangatau benda dalam Asperges dan pemberkatan. Bejana Air Suci adalah wadahyang dipergunakan untuk menampung air suci; ke dalamnya aspergilumdicelupkan.


SACRAMENTARIUM
atau Buku Misa adalah buku pegangan imam pada waktu memimpin perayaan Ekaristi, berisi doa-doa dan tata perayaan Ekaristi.

49 comments:

  1. makasih mas, menambah wawasan kami.

    ReplyDelete
  2. terima kasih, sangat membantu pelajaran putra kami

    ReplyDelete
  3. @ALL : sama-sama...semoga dapat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. Paskalis Yosna Priyambudi8/10/11, 1:18 AM

    makasih ya..... udah kasih tahu gua jadinya bisa kerjakan tugas ,makasih.

    ReplyDelete
  5. rubrik ini sangat membantu saya untuk pameran di event "LIVE the BOOK of Life" yang akan diselenggarakan pada tanggal 18-20 Nopember di Convention Hall-Galaxy Mall Surabaya dari 10.00-21.00. Ini sebagai jawaban dari dicanangkannya tahun 2011 sebagai tahun Anak dan Katekese oleh Bapa uskup Surabaya Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono. Terimakasih.

    ReplyDelete
  6. Trima kasih atas kunjungannya...bahagia sekali jika rubik ini memang bisa membantu...sukses pak acaranya...

    seandainya deket saya ingin hadir di sana...tapi berhubung sy d bdg jd juaooohhh beneeerr...hehehe

    semoga bermanfaat

    Chirsto et Ecclesiae

    ReplyDelete
  7. selama ini saya mengikuti rubrik2nya cukup baik
    hanya saya agak bingung foto pengelola rubrik\ini tidak jelas, karena pakai jaket tebal, pakai helm.
    johanes ogenk jbso, nama johanes nya baik lah, ogenk itu nama fam/marga atau poyokan, dan jbso itu nama ordo apa singkatan, terima kasih yah, maaf, lama lama setiap baca, akhir nya jadi terkutik juga utk bertanya.
    jonahes di paroki sunter/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.....misterius ya gan...hehehe

      aku awam,domisili Gereja St.Ignasius (Paroki Cimahi keuskupan bdg) nama aslinya Johanes Wirasto SW, klo ogenk itu nama di dunia petualangan, tp d gereja jg lbi byk dkenal dg nama itu...hehe itu ft waktu Kejurnas Arung Jeram jadi pake helm dengan pelampung (soalnya ak gak bgt suka di ft..hehe), soal JBSO itu inisial nama alm Bpk...

      Delete
  8. trimakasih. sudah membantu bahan ajar saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama....sering2 ya main ke sini...hehehe

      Delete
  9. Thomas Gunawan.4/5/12, 10:34 PM

    Terima Kasih semua sangat membantu..
    Aku berdomosili di KeUskupan BMV Bogor.GBU.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama....sering2 ya main ke sini...hehehe
      ak di keuskupan bandung...tepatnya di Paroki Cimahi

      Delete
  10. Terima Kasih sangat membantu sekali..
    Domosili di Paroki Katedrel BMV KeUskupan Bogor.

    ReplyDelete
  11. apri boy nandana4/11/12, 3:07 AM

    35 thn menjadi umat katolik,hanya beberapa perlengkapan yg saya tau,itupun dpt info waktu sekolah minggu...info ini sgt bagus,akan saya sampaikan ke murid2sekolah minggu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih om...sering2 aja ya main ke sini...hehehe

      wow...silahkan dgn senang hati klo info2 di blog ini bisa berguna untuk dibagikan ke sesama....sesuai motto sy om CHRISTO ET ECCLESIA..Untuk Tuhan dan Gereja...hehe

      Delete
  12. info ini akan saya berikan kepada anak2 Bina Iman kami di Lingk atau Paroki terima kasih u infonya GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dan amat sangat boleh sekali.....selahkan di share, copas dll....hehe

      sama2

      Delete
  13. thx ya atz info ny. . tp sya sran kn msh ad yg krang msalny kyk kasula dll, , lw bza d lngkapin lg. . hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. KASULA bukan bagian dari peralatan Misa, melainkan BUSANA LITURGI, jadi silahkan lihat di artikel tentang BUSANA dan WARNA LITURGI di sini :

      http://belajarliturgi.blogspot.com/2011/03/warna-dan-busana-liturgi.html

      Delete
  14. Matur Nuwun informasinya...

    ReplyDelete
  15. Kurang banyak teruslah digali

    ReplyDelete
  16. Terima kasih sudah banyak membantu dalam mengenal lebih jauh tentang peralatan misa

    ReplyDelete
  17. thanks banget infonya.
    Kita perlu sosialisasikan ke umat lainnya supaya lebih aware dengan peralatan misa. big thanks.

    salam damai,
    rita

    ReplyDelete
  18. Onnnyyyy......thanks ya.....anakku mau ikut lomba gambar hut gereja ttg peralatan misa......ga taunya om Ony yg buat....GBU!!!!


    (yanti contong)

    ReplyDelete
  19. oni widyawati9/11/12, 12:58 AM

    makasih ya mas.... q oni widyawati.... tadi abis lihat2...
    kalo q di surabaya di paroko kristus raja... salam kenal ya...

    ReplyDelete
  20. Yaaayy... Jadi bisa ngerjain PR pater Guido, kolese Loyola... :D

    ReplyDelete
  21. Waaah tengkyu infonya.... Aku bisa ngerefresh lagi memoriku....setelah lama pensiun jadi misdinar di Paroki Katedral Keuskupan Amboina.

    ReplyDelete
  22. maturnuwun ngeh......

    ReplyDelete
  23. thanks mas bro, jadi seksi liturgi lingkungan tambah wawasan

    ReplyDelete
  24. terimakasih bapa atas informasi yang sangat berguna ini

    ReplyDelete
  25. Terimakasih..
    Artikel ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas Agama.

    ReplyDelete
  26. Berkah dalem
    mas mau ijin copas gambar buat blog paps Nganjuk
    nama blog mas nanti saya cantumkan di post saya
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  27. I like the valuаble informаtion you proviԁe in yοur artіcles.

    I will bоokmarκ yоur weblog and check
    agаіn heге frequently. I аm quite
    sure I will learn plеnty of new stuff right here! Beѕt of lucκ for the nехt!


    Ϻy weblog: payday loan

    ReplyDelete
  28. Hmm it appеаrs like yоur websitе ate my
    first commеnt (it was supeг lοng) so I guesѕ I'll just sum it up what I submitted and say, I'm thoroughlу enjoying
    your blоg. I too am an aspiring blog blоgger but I'm still new to the whole thing. Do you have any tips for rookie blog writers? I'd
    genuіnelу appгеciаte іt.


    Review mу websitе: New Bingo Sites

    ReplyDelete
  29. fx budi cahyono/sidoarjo7/17/13, 5:46 AM

    hebat baru tahu aku sekarang aku sudah 45 tahun jadi katolik baru ini aku tahu

    ReplyDelete
  30. thanks ya , ini sangat membantu. :) Gbu

    ReplyDelete
  31. sangat membantu saya untuk menjadi misdinar berkualitas

    ReplyDelete
  32. Thanks banget ya ... Membantu banyak buat Tugas Presentasi Sekolah ... :)

    ReplyDelete
  33. terima kasih mas, Tuhan memberkatimu

    ReplyDelete
  34. ingin tau, apakah nama peralatan utk mewadahi air baptis yg digunakan sewaktu di kucurkan di dahi baptisan ?

    ReplyDelete
  35. terima kasih ya ^_^ lumayan buat bahan ujian praktek ini :)

    ReplyDelete
  36. Terimakasih.. Sangat membantu
    GBU

    ReplyDelete
  37. Ty gan lumayan buat ujian praktik

    ReplyDelete