June 23, 2014

BERBAGAI NAMA UNTUK EKARISTI


Seperti telah diuraikan dalam artilke-artikel sebelumnya di blog ini EKARISTI"MEMAHAMI EKARISTI" , dan artikel lain yang masih berhubungan dengan Ekaristi, sudah diuraikan tentang pengertian dan difinisi dari Ekaristi.

Cukup banyak nama untuk Ekaristi, namun pada dasarnya semua nama tersebut mempunyai satu makna yaitu ungkapan syukur kepada Allah. Berikut kita lihat nama yang sering digunakan untuk Ekaristi






PERJAMUAN TUHAN
Ekaristi adalah Perjamuan Tuhan yang memperingati perjamuan malam yang diadakan oleh Kristus bersama dengan murid-murid-Nya. Perjamuan ini juga merupakan antisipasi perjamuan pernikahan Anak Domba di surga (KGK 1329).
 

KENANGAN AKAN KESENGSARAAN DAN KEBANGKITAN
(KGK 1330). Ekaristi diadakan untuk memenuhi perintah Yesus untuk merayakan kenangan akan hidup-Nya, kematian-Nya, kebangkitan-Nya dan akan pembelaan-Nya bagi kita di depan Allah Bapa (KGK 1341).

KURBAN KUDUS

Ekaristi menghadirkan kurban tunggal Yesus, dan juga kurban penyerahan diri Gereja yang mengambil bagian dalam kurban Yesus, Kepalanya (KGK 1330, 1368). Sebagai kenangan Paska Kristus, 

Ekaristi menghadirkan dan mempersembahkan secara sakramental kurban Kristus satu-satunya dalam liturgi Gereja (KGK 1362, 1365). Ekaristi menghadirkan kurban salib dan memberikan buah-buahnya yaitu pengampunan dosa (KGK 1366).

KOMUNI KUDUS

di dalam Ekaristi, umat yang hadir menerima Kristus (KGK 1382) di sini terjadi penyatuan diri dengan Kristus, yang mengundang kita mengambil bagian di dalam Tubuh dan Darah-Nya, supaya kita membentuk satu Tubuh dengan-Nya (KGK 1331).
 

MISA KUDUS
sebagaimana diuraikan dalam artikel tentang pengertian MISA, Ekaristi berakhir dengan pengutusan umat beriman (missio) supaya mereka melaksanakan kehendak Allah dalam kehidupan sehari-hari.

demikianlah maka dapat kita lihat berbagai nama untuk Ekaristi tersebut pada dasarnya berakhir pada satu tujuan yaitu Kenagan dan ungkapan syukur kepadaNya

Semoga bermanfaat
Christo et Ecclessiae

No comments:

Post a Comment