February 29, 2012

ADORASI SAKRAMEN MAHA KUDUS

Adorasi SMK adalah tindakan penyembahan Tuhan yg hadir dlm rupa Ekaristi yang telah dikonseklir, dimana hosti telah diubah menjd Tubuh Kristus & anggur mnjd Darah Yesus.

Berdasarkan sejarahnya, Adorasi tanpa henti dilakukan pada abad 6 di katedral Lugo, Spanyol. Lalu Pada abad ke-12, St. Thomas Becket berdoa bagi Raja Henry II di hadapan SMK samapai akhirnya di abad ke-16 mulailah dikenal devosi 40 jam di hadapan Sakramen Maha Kudus. Pada ke-19 di Perancis, adorasi tanpa henti dilakukan di dalam komunitas para biarawati kontemplatif, sampai akhirnya devosi ini tersebar ke seluruh dunia hingga kini.

urutan upacara dalam Adorasi SMK secara garis besar diawali dengan Imam atau diakon memindahkan hosti yg tlah dikonseklir ke dlm mostrans dan mentahtakannya di atas altar. Saat Tubuh Kristus diletakkan di dalam mostrans itulah dikatakan sebagai PENTAHTAAN SAKRAMEN MAHA KUDUS.


Beato Paus Yohanes Paulus II dalam surat ensikliknya, "The Church and the Eucharist", mengajarkan kepada kita :

“… pandangan Gereja selalu terus terarah kepada Tuhannya, yang hadir dalam Sakramen di Altar, yang di dalamnya Gereja menemukan pernyataan sempurna akan kasih Tuhan yang tak terbatas.” (The Church and the Eucharist, 1)

…Adorasi Sakramen Maha Kudus adalah… praktek sehari- hari yang penting dan menjadi sumber kekudusan yang tidak pernah habis… Adalah menyenangkan untuk menghabiskan waktu dengan Kristus, untuk bersandar pada-Nya seperti yang dilakukan oleh murid yang dikasihi-Nya, dan untuk merasakan kasih yang tak terbatas yang ada di dalam hati-Nya.” (The Church and the Eucharist)"


YANG HARUS KITA LAKUKAN SAAT ADORASI 

Beberapa hal penting yang bisa kita jadikan pedoman tentang apa yg sebaiknya kita lakukan saat adorasi
  • Berdolah secara pribadi sebelum Adorasi

  • Berdoa dari kitab Mazmur atau membaca doa Ibadat Harian. Kita bisa pilih Mzm yg berisi pujian, ucapan syukur, pertobatan atau permohonan agar didengarkan Tuhan. Selain itu jg kita dpt pula berdoa Ibadat Harian yg.

  • Mengulangi doa, “Tuhan Yesus, kasihanilah aku, yang berdosa ini.” Ulangilah terus, sampai hati dan pikiran anda tenang dan masuk dalam doa kontemplasi.

  • Lectio Divina (pernah kita bahas di sini).

  • berdoalah bersama dgn santo/santa, terutama mereka yg mempunyai devosi kepada Ekaristi, spt St. Teresa dari Lisieux (kanak- kanak Yesus), Karatina dari Siena, Fransiskus Asisi, Thomas Aquinas, dan Ibu Teresa dari Kalkuta dll.

  • curahkanlah isi hati kita kepada-Nya, menyadari bahwa kita berada di dalam hadirat-Nya. (berdoa seperti St. Fransiskus Asisi, “Aku meyembah-Mu, O Kristus, yang hadir di sini dan di semua gereja di seluruh dunia, sebab dengan salib suci-Mu Engkau telah menebus dunia.”)

  • berdoalah pula utk mereka yg pernah menyakiti hati kita dan memohon rahmat Tuhan bagi mereka, serta mohon agar Tuhan mengampuni kita yang juga telah menyakiti sesama/ kurang memperhatikan mereka.

  • Berdoalah rosario, seperti ajakan Beato PJP II dan memohon agar bersama Bunda Maria kita dapat memandang Kristus di dalam Ekaristi.

  • Duduk Tenang sambil merasakan hadirat Tuhan, seperti halnya kita sedang mengunjungi seorang sahabat.

  • Tutup/akhiri Adorasi dengan doa pribadi.



ADORASI BERBEDA DENGAN DEVOSI

Adorasi artinya penyembahan. Ini jelas berbeda sekali dengan devosi. Perbedaan mendasar antara keduanya yaitu : Adorasi hanya diberikan kepada Kristus, sedangkan devosi merupakan praktek religius berupa penyembahan bukan saja kepada Kristus sambil memberi penghormatan kepada para malaikat atau figur dalam Gereja Katolik lainnya, yang sudah disahkan menjadi orang2 Kudus oleh Gereja Katolik. Meditasi (perenungan tentang Kristus, mulai dari sabda-Nya hingga segala peristiwa yg terjadi dalam hidup-Nya) dapat menjadi bagian dari Adorasi, meskipun pada dasarnya Adorasi bisa dilakukan dgn beberapa cara lain dan tidak selamanya harus meditasi.

Adorasi menghasilkan pertumbuhan rohani bagi mereka yang melaksanakannya, di mana semua itu diperole atas rahmat dari Kristus sendiri.


Semoga Bermanfaat
***Christo et Ecclesiae***

3 comments:

  1. Dear Admin,

    bolehkah Posting ini saya copy dan saya publikasikan di FB Adorasi Ekaristi Abadi Bandung , jugadi website Adeka Bandung (www.adeka.webs.com)

    GBU
    Danny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan saudaraku...saya senang sekali klo artikel di blog ini bisa memberi manfaat bagi orang lain....

      sekali lg silahkan (mncantumkan sumber tentunya ya...hehehe)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete